Tips Aman Untuk Ngeblog

AYO NGEBLOG…!!!
Pada tulisan kali ini menyuratkan tentang tata cara atau tips ngeblog yang aman dan toyib. Sebenernya banyak sekali versi tentang cara untuk ngeblog tapi insyaAllah yang saya tuliskan ini bermanfaat bagi kita semua.

Hal yang bisa dilakukan adalah:
1.Pilih akses internet yang ga lemot untuk loading. Biasanya situs blog memang agak besar kapasitasnya disbanding situs lain seperti jejaring, berita, situs download dan yang lain. Bagi temen-temen yang punya broad band sendiri mungkin tidak terlalu masalah untuk akses blog. Tapi untuk temen-temen yang punya lap top bisa menggunakan fasilitas Hotspot yang ada dibeberapa kawasan. Kalau di Solo ada beberapa kawasan yaitu di City walk (Jl. Selamet riyadi), sepanjang jalan Telkom Solo, kampus/universitas Solo (terutama UMS), warnet yang menyediakan layanan hotspot, rumah makan, dan instansi lainnya. Sedangkan bagi temen-temen yang ga punya broadband dan laptop jangan berkecil hati temen-temen bisa akses di warnet (bukan warung nedho(makan) tapi warung internet). Nah, ketika memilih internet pun tidak sembarangan internet bisa kita kunjungi. Kunjungilah warnet yang mempunyai akses cepat tapi juga murah. Dan jangan sekali-kali coba mengunjungi warnet yang belum pernah kita kunjungi. Kalo mahal & lemot kan rugi juga kita. Maka dari itu jika sudah ada langganan yang cocok ya udah ga usah pindah-pindah.

2.Tulis apa yang ada dipikiranmu. Salah satu fungsi blog adalah media pelampiasan kreatifitas. Maka dari itu tulislah sepuasnya. Lebih bagus lagi tulisan yang temen-temen buat bermanfaat bagi orang lain. “khoirunnas anfa ahum linnas”. Tapi usahakan tulisan yang temen-temen buat tidak mengandung SARA jadi tidak menyinggung orang lain. Kalaupun mengandung tentang kepercayaan atau pribadi temen-temen monggo. Hati-hati juga menulis sesuatu yang memungkinkan untuk membuat propaganda karena yang namanya blog akan dibaca oleh orang diseluruh dunia. Bukan berarti kita asal-asalan juga.

3.Buat halaman blogmu menjadi lebih keren. Untuk hal ini temen-temen bisa mencari tutorialnya di mbah google. Ketik aja “toturial wordpress” (kalo temen-temen pake wordpress) atau “tutorial blogger”. Biasanya yang perlu di atur adalah tema, widget, dan tulisan temen-temen sendiri.

4. Tukar-menukar link. Tukar link ini mempunyai banyak manfaat. Salah satunya ketika link yang temen-temen yang ada di blog orang lain yang kebetulan ngelimk dengan blog temen-temen maka blog temen-temen bisa dibaca oleh orang lain maka hal ini bisa meningkatkan rating blog. Sebagai contoh temen-temen bisa link blog ini dengan alamat https://andytri.wordpress.com. Nah untuk mengetahui siapa yang ngeling blog kita maka di wordpress pilih sebelah kiri halaman dashboard – blog stat lalu dibawah ada kontak siapa saja yang ngelink blog kita.
5. Cantumkan situs jejaring. Jika temen-temen punyai situs jejaring twiter, facebook cantumkan saja di blog. Karena mesin pencari google akan mendeteksi adanya keistimewaan blog anda ketika dihubungkan dengan situs jejaring semacam itu.

6. Ketika menulis jangan sekali-kali Copas (Copy Paste). Ketika menulis blog pun ada etika untuk tidak copy paste dari situs lain ke blog kita. Hal ini termasuk pelanggaran dalan kode etik jurnalistik. Namun ketika temen-temen ingin mengambil beberapa tulisan dari blog lain maka cantumkan alamat situsnya.

7.Mencantumkan iklan. temen-temen bisa mencantumkan iklan seperti adbrite, adSense, dan iklanyang lain untuk mengisi dompet temen-temen. Tapi jangan sampai ada pemaksaan untuk menyuruh orang untuk mengklik iklan tersebut. Karena biasanya perusahaan iklan tau ketika temen-temen mengklik iklan sendiri atau dengan computer yang sama. Karena ketika mengklik perusahaan akan tau IP dan computer yang mengklik iklan tersebut.

8.Kembali ke no 2.
9. Kembali ke no 8.
10. Kembali ke no 9.
Intinya adalah gali terus pemikiranmu dalam bentuk tulisan. Bisa banya baca buku, Koran, maupun melihat media masa.

SALAM BLOGING MANIA…

3 thoughts on “Tips Aman Untuk Ngeblog”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s