Materi Tulisan Untuk Blog

1. Pengalaman pribadi.
Blog lebih tepatnya sebagai diary jika isi dalam blog tersebut berupa pengalaman pribadi. Malahan ketika blog berisi pengalaman pribadi maka kontinuitas tulisan pasti akan terjaga jadi bisa juga meningkatkan rating blog tanpa harus menentukan topic yang menarik untuk ditulis. Toh dalam tulisan tersebut menceritakan keseharian pribadi. Dalam penulisannya bisa dengan cara jalani keseharian seperti biasanya lalu sebelum tidur coba resume kejadian dalam satu hari tersebut.
2. Berita.
Ketika temen-temen menyimat berita yang lagi hangat-hangatnya lagsung saja tulis. Metode lain ketika temen-temen selesai membaca media masa (Koran, TV, internet) coba buat ringkasan berita tersebut. Berita dalam hal ini bukan hanya berita nasional tapi berita kampong, berita kampus, dan berita yang up to date lah yang sangat dibutuhkan pembaca.
3. Pemikiran
Jika temen-temen ada yang suka menyampaikan opini tentang apapun maka tuangkan dalam bentuk tulisan lalu upload ke blog. Hal tersebut juga bisa termasuk ke dalam berita tapi berita tentang apa yang sedang kita pikirkan. Katakanlah di Solo lagi gempar isu Pilkada coba sampaikan opini tentang hal tersebut ke dalam blog kalau masih malu untuk dipublikasikan ke media masa. atau tentang ideology dunia yang temen-temen ketahui. Semua bisa disuratkan sesuai ekspresi temen-temen.
4. Review
Jika temen-temen suka berkomentar terhadap barang-barang baru entah itu Hand Phone, tas, busana, lap top, PC dan kerajinan maka coba buat review tentang barang yang temen-temen biasa mengikuti perkembangannya. Sebagai contoh jika temen-temen mengikuti perkembangan HP dari waktu ke waktu maka coba paparkan produk tersebut dari segi dimensi, keunggulan, kekurangan, subjek pasar, harga, dll. Keuntungan ketika materi tulisan temen-temen adalah review barang kataknalah HP maka blog temen-temen bisa di jadikan sarana publikasi atau iklan oleh vendor HP tersebut. Ujung-ujungnya pun dari blog temen-temen bisa menghsilkan rupiah.
5. Tutorial
Jika temen-temen termasuk pintar membuat atau menggunakan software computer maka jangan ragu lagi. Yang namanya ilmu kan harus diamalkan (‘ilmu amali, amal ‘ilmi). Coba berbagi kepada semua orang tentang ilmu yang kita punya. Siapa tau ilmu yang kita ajarkan ke orang-orang dapat bermanfaat. Salah satu pahala yang tidak akan putus walaupun sampai kita meninggal kan ilmu yang bermanfaat. Jadi tidak ada salahnya jika kita mau berbagi dengan orang lain.
6. Lawakan atau humor
Lawakan juga termasuk tulisan yang bisa meningkatkan rating. Sebagai orang yang mempunyai kelebihan rasa humor, sekali lagi temen-temen juga haru berbagi rasa humor temen-temen kepada banya orang. menyenangkan hati orang lain juga dapat pahala kan.
7. Materi kuliah
temen-temen juga bisa meng-upload ilmu yang temen-temen miliki dalam blog. Siapa tau dengan adanya materi kuliah yang temen-temen tulis bisa menjadi rujukan banyak orang. dan lebih lagi temen-temen bisa menemukan komunitas akademisi di dunia maya. Hal ini juga menguntungkan untuk prspek temen-temen ke depannya. Di dalamnya mungkin saja bisa menjadi sebuah les-lesan dunia maya Karena pasti ada tanya-jawab tentang materi yang telah temen-temen tulis.
8. Teknologi up to date
Seperti halnya materi berita dan review yang membutuhkan ulasan yan up to date bagi pembaca materi ini juga menjadi opsi. Banyak juga orang IT yang haus akan perkembangan teknologi pada modern ini. Karena telah diketahui bahwa teknologi sangat berkembang pesat setiap harinya. Maka orang-orang yang haus info teknologi pasti memilih blog temen-temen karena isinya mathuk dengan pencarian.
9. Bisnis
Jika temen-temen mempunyai bisnis blog juga bisa menjadi sarana iklan gratis. Sebuah contoh bisnis yang sedang saya kembangkan dalam mengelola butik online yang beralamat batikbatikku.wordpress.com. dalam blog yang bertemakan bisnis temen-temen bisa mengenalkan usaha temen-temen kepada public dari segi profil usaha, produk, harga produk, kontak, dll.

Dan materi lain yang masih banyak lagi untuk ditulis ke dalam blog temen-temen.

2 thoughts on “Materi Tulisan Untuk Blog”

  1. salam kenal! terkadang kita sudah tau! tapi harus di ingatkan lagi ! (he he jadi malu) Thanks Artikelnya… sangat membantu

    salam kenal!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s