Tips Membuat Tulisan Menarik di blog

1. Go ahead. Jika temen-temen masih kaku untuk nulis maka santai saja, tulis apapun yang ada di benak temen-temen. Tanpa kita memulai maka akan sulit sekali untuk menulis pada blog. Toh tujuan ngeblog kan agar tulisan kita dibaca orang lain. Mulai dengan apa yang ada dahulu. Yang namanya belajar pasti ada tahap-tahapannya. Siapa tau dengan langkah awal nulis tersebut blog temen-temen nantinya akan terkenal dan punya rating yang tinggi. Jangan takut memulai nulis.

2. Kontinuitas dalam menulis. Tingkat keseringan nulis di blog juga mempengaruhi skill temen-temen dan sebagai bonusnya adalah blog temen-temen bisa muncul di google/yahoo. Ini merupakan batu loncatan temen-temen ketika ingin membuat blog menjadi banyak pengunjung.

3.Tulisanmu adalah eksprsimu. Jangan penah memaksakan tulisan. Diibaratkan tulisan adalah seni. Jika ada sebuah ketidak cocokan antara perasaan dan tindakan maka jelek pula tulisan kita. Mudahnya ketika ada ide yang tersirat maka tulis, tulis dan tulis. Blog memang persis seperti diary atau buku catatan elektronik. Dan bagusnya lagi e-note (electronic note) ini bisa dibaca oleh seluruh orang yang ada di dunia. Karakter, kebiasaan, pikiran orang bisa terbaca pada tulisan pada blog. Mengapa tidak? Orang yang humoris maka tulisannya tidak terlepas dari unsure kelucuan, seorang yang akademisi juga tidak lepas dari ilmu pengetahuan, dan masih banyak lagi analogi lain.

4.Tulisan yang bermanfaat bagi pembaca. Menulis blog sama halnya dengan orang berdagang, harus pintar-pintar mengetahui kelemahan pasar atau haru tahu apa yang dibutuhkan pembaca. Blog yang isinya informasi yang dibutuhkan pembaca sangat diharapkan. Sebuah ccontoh pada blog temen-temen berisi tentang “mendapatkan duit tanpa kerja”, “tutorial membuat blog”, “tips mencari jodoh”, “tips mencari ridho Allah AWT”, “cara membuat percaya diri”, dan lain-lain.

5. Hindari copy-paste. Pada tulisan sebelumnya sudah disinggung tentang Copas (copy paste). Hal ini sangat tidak dinanjurkan pada saat ngeblog. Karena (1) copas itu hukumnya haram. Sama aja nyuri kan? (2) Google,yahoo,MSN tidak menyukai blog yang tulisannya sama dengan blog lain maka 3 SE (search engine) tersebut mengklaim itu adalah tulisan Copas. Dan dampaknya adalah blog temen-temen tidak nongol lagi di SE. berate percuma kan ngeblog tapi tidak tampak di SE. masa Cuma mau dibaca sendiri? Lihat peringatan google di http://www.google.com/support/webmasters/bin/answer.py?answer=66361
Juga peringatan dari yahoo di http://help.yahoo.com/l/us/yahoo/search/basics/basics-18.html
WordPress juga http://wordpress.com/tos/ dan http://wordpress.com/types-of-blogs/ (3) Copas itu tidak mendidik dan ga bikin pinter nulis tapi malah bisa diklaim PLAGIAT. (Reverensi: http://tutorialgratis.net/)

6.Manfaatkan judul tulisan, katergori dan tag. Tulisan bisa muncul di SE salah satunya karena judul tulisan temen-temen cocok dengan apa yang dicari pembaca. Selain itu adanya tag dan kategori juga mendukung agar SE mudah memunculkan tulisan temen-temen. Jadi ketika selesai menulis carilah kata-kata yang unik sehingga pembaca merasa harus membuka tulisan temen-temen. Bisa diibaratkan judul, tag, dan kategori tulisan merupakan umpan kepada pembaca untuk membuka tulisan temen-temen. Bukan berarti mengesampingkan isi dari tulisan yang di buat.

7. Focus tulisan. Ada beberapa blog yang focus terhadap tulisan-tulisannya. Katakanlah tentang cerita pribadi, tutorial blog, tulisan kritis, berita, dan lain-lain. Jika temen-temen punya konsep untuk blog maka tuangkan. Sebuah contoh blog temen-temen berbicara tentang tutorial photoshop maka blog temen-temen bisa menjadi rujukan ketika ada pembaca yang mencari artikel tentang photoshop.

8. Hindari SARA. Tulisan yang berisi tentang SARA juga harus dihindari karena tulisan tersebut dapat menjadi propaganda yang nantinya tidak baik juga untuk objek SARA dan kelangsungan blog sendiri.

7 thoughts on “Tips Membuat Tulisan Menarik di blog”

  1. bagus mas tipsnya.. sangat berguna bagi saya yang baru belajar. Dulunya seneng copas.. tp skr belajar nulis sendiri meski kaku.. he..he..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s