Fatwa Haram Untuk wanita

Beberapa waktu lalu sebuah Pondok pesantren putri Nirboyo di Jawa timur melontarkan beberapa fatwa haram untuk wanita. Fatwa ini terkhusus memang untuk wanita. Beberapa fatwa itu adalah:
1. Haram bagi wanita untuk merebonding & mengecat rambut.
2. Haram untuk membuat poto preweding.
3. Haram bagi wanita menjadi tukang ojek karena bisa mennimbulkan hawa nafsu bagi penumpan non mukhrim.

Selama in memang banyak fatwa dari MUI dan fatwa dari PonPes yang setelah di umumkan kepada mesyarakat malah menjadi kontroversi. Fatwa sendiri adalah hokum dari ulama yang telah berkompeten dalam hal ilmu agama. Fatwa juga bisa dibilang sebagai opini dari ulama.

Bukan beranggapan sok pinter atau seperti apa tapi Cuma mengkritisi dan memberi pandangan pemikiran tentang hal itu. Beberapa fatwa diatas coba saya tanggapi dengan seksama dan objektif menurut unsure kekinian yang ada didalam masyarakat sekarang.

1. Haram bagi wanita yang merebonding dan mengecat rambut.
Bukankah didalam Islam mewajibkan kepada wanita yang sudah dewasa ( wanita dewasa adalah wanita yang sudah bisa haid) untuk menutup auratnya yaitu menutup seluruh tubuhnya kecuali muka dan telapak tangan. Berarti jika hokum ini di pertegas maka tidak akan ada kontroversi dimana-mana. Karena sudah jelas disebutkan dalam hokum Islam sebagaimana diatas. Kalau hanya mengharamkan wanita untuk merebonding, mengecat, dan sebagainya toh wanita tersebut belum memakai jilbab. Berarti aplikasi syari’at masih belum dijalankan.
2. Haram untuk membuat poto preweding.
Dalam sebuah media ulama dari pesantren tersebut menjelaskan bahwa banyak poto pre weding yang berpose tidak sepantasnya karena mereka (pasangan calon pengantin) belum menikah. Kalau alasannya seperti ini memang saya juga setuju. Namun sebenarnya ini pun diperbolehkan asal tidak menyimpang dari norma-norma yang berlaku, menurut MUI. Jauh sebelum disana sebenarnya perilaku yang menyimpang oleh masyarakat dilakukan tidak hanya oleh calon pasangan yang ingin mengabadikan poto berdua namun kebiasaan anak muda jaman sekarang yang jauh diluar batas norma masyarakat dan norma agama merupakan satu PR bagi kita bersama. Adanya pergaulan bebas dikalangan remaja yang berdampak membunuh generasi ideal pemuda adalah virus yang harus dilawan. Bukan hanya mempermasalahkan adanya poto pre weding. Banyak anak-anak muda sekarang bertindak tidak seperti yang diharapkan. Pose poto pre weding yang diluar batas bukan merupakan masalah utama pada masyarakat tapi pergaulan bebas yang jelas-jelas itu adalah poter kenyataan dalam masyarakat adalah sebuah PR yang harus dibahas bersama sesuai dengan norma-norma yang ada.
3. Haram bagi wanita menjadi tukang ojek karena bisa mennimbulkan hawa nafsu bagi penumpan non mukhrim.
Kalau ditanya siapa juga yang ingin menjadi tukan ojek wanita. Konteks yang harus dibangaun adalah mengapa ia menjadi tukang ojek? Sebagai seorang suami memang harus menafkahi keluarganya tapi bagaimana jika sang suami tidak bisa menafkahi keluarga dalam artian suami sudah tidak ada, suami sedang sakit dan lain sebagainya? Tentu tidak lain tidak bukan yang harus menafkahi keluarga adalah istri.

Penegakan syariat harus dilakukan dari pangkalnya bukan hanya dari luar. Maka dari itu sebagai umat Islam kita harus ber- amar ma’ruf nahi munkar sesuai dengan ayat berikut:

“dan hendaklah ada di antara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh kepada yang ma’ruf dan mencegah dari yang munkar; merekalah orang-orang yang beruntung.” (Ali Imran:104)

One thought on “Fatwa Haram Untuk wanita”

  1. Assalamu’alaikum…
    Mow krm slm bwt Ustad Fikri,Agas,Ulin Nuha,dan pr ustad yg læn..met mnjlnkan shoum rmdan z.Trmksh ats bmbngan pd safari rmdan di SMA MOTENG.Alhmdulillah,Kmi jd tmbh ilmu keagmaan’ny.Sya kgum dg pr Ustad,sya ska dg bmbngan’na,.trmksih..Bwt Ustad Fikri ‘n Agas…anx”cls sya mrndukan ustad.
    Trm.
    Wassalmu’alaikum.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s