Muhasabah Diri

dan aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka mengabdi kepada-Ku.(QS Adz- Dzariat:56)

dari ayat diatas jelas bahwa tujuan penciptaan manusia didunia tidak lain adalah untuk mengabdi kepada Allah SWT. Apakah Allah perlu disembah? Allah tidak akan bertambah berkuasa jika manusia menyembah-Nya dan Allah tidak akan berkurang kebesaran-Nya ketika manusia tidak menyembahnya. Dalam hal menyembah kepada Allah adalah suatu kebutuhan manusia sebagai makhluk ciptaan Sang Konseptor Alam semesta ini. Kita mengenal Allah sebagai Maha Pemberi nikmat dan hidayah kepada semua manusia yang senantiasa berjalan dijalannya.

Sesungguhnya Allah menyukai orang yang berperang dijalan-Nya dalam barisan yang teratur seakan-akan mereka seperti suatu bangunan yang tersusun kokoh. (QS Ash-Shaf:4)

Dunia ini merupakan jembatan penghubung antara alam ruh dan akherat. Kalau orang jawa bilang bahwa dunia ibarat mampir ngombe (hanya mampir minum). Kalimat bisa dianggap benar karena dunia yang kita duduki sekarang ini tidak kekal. Kehidupan yang kekal sesungguhnya adalah kehidupan setelah kematian. Namun kita tidak bisa berpasrah diri bahwa semua ini sudah ditakdirkan Yang Maha Kuasa.

…Sesungguhnya Allah tidak merobah Keadaan sesuatu kaum sehingga mereka merobah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri… (Ar Rad’:11)

Ayat secara tegas bahwa Allah telah menentukan nasib seseorang sebelum dia dilahirkan didunia tapi ketika manusia tersebut bisa ikhtiar atau berusaha dengan daya dan upayanya maka nasib tersebut dapat dirubah sesuai kehendak Allah SWT. Maka hidup dalam rangka hidup di dunia ini kita sebagai umat manusia harus selalu berbuat kebaikan sebagaimana hadist Rasulullah yang berbunyi “ Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat kepada manusia”. Selalu berbuat baik kepada manusia dapat menambah keimanan kita kepada Allah.

Terdapat 2 jalur untuk mengadakan hubungan di dunia ini yaitu Habluminallah (hubungan manusia dengan Allah) dan Habluminannas (hubungan manusia dengan sesama) keduanya harus berjalan secara seimbang. Karena dua hal itu merupakan jalur ibadah yang akan menambah pahala untuk bekal di akherat nanti. Harta yang kita kumpulkan pada waktu di dunia tidak akan dibawa mati. Namun yang akan dibawa mati adalah amal perbuatan selama hidup di dunia.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s