Beberapa Hal Yang Menyebabkan Kebutuhan Pokok Naik

Kebutuhan pokok manusia adalah sandang, pangan, dan papan. Hal ini menjadi kebutuhan yang mutlak harus dipenuhi setiap insane manusia. Jika salah satu tidak terpenuhi dari ketiga kebutuhan pokok tersebut entah apa jadinya.

Pada era globalisasi ini harga segala kebutuhan tidak terlepas dari pasar yang menyediakan segala aspek kebutuhan masyarakat. Pasar pula yang berperan penting dalam menentukan pola ekonomi yang dibangun.

Bebrapa hal dibawah ini adalah yang menyebabkan kebutuhan pokok manusia terutama kebutuhan pangan menjadi meningkat harganya, antara lain:
1. Naiknya harga BBM
BBM merupakan barang yang tidak lepas dari kehidupan sehari-hari. Pengaruh langsung dari naiknya BBM akan diikuti oleh naiknya kebutuhan pokok lainnya. Hal ini dikarenakan BBM berperan sebagai sumber bahan bakar untuk transportasi untuk perpindahan kebutuhan dari satu tempat ke tempat yang lain. Maka dari itu jika BBM yang berperan sebagai tranportasi naik maka akan diikuti oleh naiknya kebutuhaan pokok.


2. Naiknya Tarif dasar listrik

Seperti halnya BBM, semua kalangan masyarakat tentu sudah menggunakan listrik sebagai teman keseharian. Listrik merupakan sesuatu yang berperan untuk meringankan dan membuat kehidupan manusia menjadi mudah. Disemua lini kehidupan pasti menggunakan listrik. Maka dari itu jika TDL naik bisa juga hal ini akan menjadi alasan untuk naiknya kebutuhan pokok lainnya.

3. Pemanfaatan pasar terhadap musim
Lebaran, natal, dan tahun baru merupakan momen yang biasa dimanfaatkan pasar untuk menaikkan kebutuhan pokok. Hal ini dikarenakan konsumsi masyarakat pada musim ini tinggi. Tidak heran jika sekarang harga sembako mulai naik saat memasuki bulan puasa ini.

4. Permainan pasar terutama monopoli pasar
Pasar monopoli merupakan pasar yang hanya ada satu penjual dengan pembeli yang banyak. Hal ini sering kali dimanfaatkan pasar tersebut untuk menaikkan harga. Mau tidak mau masyarakat pun harus mengiyakan dengan kenaikkan harga tersebut. sebuah contoh, jika harga premium non subsidi dinaikkan maka mau tidak mau masyarakat akan membelinya juga. Hal ini lah yang kerap kali menjadi alasan untuk naiknya bahan kebutuhan.

5. Kelangkaan barang yang ada dipasar
Kelangkaan barang yang ada dipasar biasanya dimanfaatkan oleh pedagang untuk menjual lebih tinggi barang dagangannya. Sebenarnya metode yang digunakan hamper sama seperti ketika pasar monopoli menaikkan pasar. Hanya ada beberap[a penjual saja yang mempunyai barang tersebut. dengan dalih mencarinya pun juga susah biasanya penjual member harga tinggi dan mau tidak mau pembeli pun membutuhkan juga.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s