Arsip Kategori: tips

Tempat Jualan Online Terbaik Bagi Pemula

Di era internet marketing Toko Online merupakan pilihan terbaik untuk berjualan. Lhoh kenapa tidak FB, IG, Twiter, atau Frendster (Udah wafat kaleee.. wkwkwk) ??? FB, IG, Twiter dan social media lainnya hanyalah tempat untuk mengenalkan produkmu. Jika mereka mau beli produkmu arahkan mereka ke website atau toko online. Kok website?? kan bisa via Whatsapp, FB mesenger, BBM??? Nanti kita akan bahas kenapa toko Online. Yang jelas jualan menggunakan website itu perlu desain toko dan sarana yang menunjang. Gak boleh asal-asalan. Makanya di artikel ini saya akan membahas template wordpress terbaik untuk toko online.

1

ilustrasinya kurang lebih seperti gambar diatas.

Kenapa Harus toko online???

Kamu kenal Friendster?? Bagi anak yang lahir tahun 90an tentu tahu social media yang booming di tahun 2000an itu. sebelum muncul Facebook, Friendster adalah social media yang digandrungi remaja pada saat itu. Tetapi Friendster sekarang sudah wafat. Anda kenal twiter?? Twitter memang belum 100% ditinggalkan oleh penggunanya. Tapi percayalah masa keemasan twitter sudah lewat. Lalu sekarang berganti ke instagram, dan nantinya social media akan mempunyai massanya sendiri. Bayangannya gini deh.. Kamu punya media social yang bisa menghasilkan ratusan juta bahkan milyaran per bulan lalu bagaimana jadinya jika pengunjung (pengguna social media) lambat laun sedikit bahkan sepi? masih mau buka lapak disitu? enggak kan..

Kenapa tidak jualan di Mesenger aja??? Yang perlu digaris bawahi adalah mesenger itu bukan tempat jualan tapi media komunikasi.

Gambar diatas itu penjelasannya gini. Fungsi mesenger itu untuk komunikasi intim antara kamu dengan pelanggan. social media itu untuk mem-boost daganganmu. dan Toko online itu ya toko fisikmu tapi dalam bentuk digital. ketiga komponen ini harus digunakan untuk menunjang jual-beli produkmu.

Nah.. Jualan yang aman adalah di toko sendiri. Karena ini jaman digital ya juallah di toko online. Toko online itu ibarat toko fisik.. Tokomu sendiri. Nggak kontrak, nggak nempel di trotoar jalan, atau kaki lima. Website tidak akan lekang oleh waktu meskipun jaman sudah berubah. Begitupun toko online. Jika pelanggan membutuhkan produkmu maka mereka bisa langsung mengunjungi “produkmu.com” tanpa harus buka facebook, twitter, IG.

Di platform wordpress ada plugin yang bisa merekam jejak orang yang pernah mengunjungi websitemu. Jadi gini,,,ehem…ehem… pernah nggak kamu setelah buka lizzidi/bukan palak/tokipediu lalu kamu buka facebook, nah… diFB langsung ada iklan produk dari market place yang baru aja kamu buka tadi? Itulah yang namanya Pixel. Pixel itu menangkap data orang yang habis berkunjung ke websitemu. Setelah dapat datanya tinggal diolah di FB. Udah… dehh… Closing…

Toko Online itu seperti toko fisik, harus menarik, informasinya lengkap, dan aksesnya juga mudah. Kamu ga mau kan orang udah berbondong-bondong di depan toko… eealah…tokonya kumuh, dilihat ga enak.. Ga jadi beli mereka. Gagal closing…

Saya rekomendasikan template yang bagus dan cocok buat pemula. Tampilannya menarik, aksesnya mudah, Mobile friendly, kalau ada pesanan ada notifikasi lewat SMS, buatan anak negeri dan masih banyak lagi. Ini Linknya : Smart toko

Dijamin anda akan mendapatkan kemudahan jika menggunakan template  smart toko

Kamu akan punya toko online selayaknya website yang profesional. Padahal penggunaanya mudah byanget untuk pemula. ini tampilannya:

1

Langsung saja visit link ini untuk mengakses smart toko

 

Komunikasi Efektif Pada Sebuah Presentasi

Komunikasi merupakan hal yang tidak bisa dilepaskan oleh kehidupan manusia. Adanya komunikasi sangat membantu manusia dalam berinteraksi antara satu dengan yang lainnya. Menurut epistimologi komunikasi merupakan bentuk representasi dari keinginan seseorang untuk berinteraksi dengan yang lainnya dengan menggunakan sebuah media sehingga orang lain dapat menangkap dan memberikan respon maupun efek atas apa yang kita inginkan. Secara mendasar menurut media yang digunakan komunikasi dibagi menjadi 2 lisan dan tulisan meskipun diera modern ini muncul komunikasi secara digital. Namun pada hakekatnya komunikasi lisan dan tulisan tidak bias dilepaskan dengan adanya perkembangan media komunikasi. Komunikasi lisan lebih kepada cara bicara seseorang untuk mengungkapkan keinginan, sedangkan tulisan lebih kepada symbol untuk mengungkapkan sebuah keinginan.
Dalam hal ini presentasi2 merupakan komunikasi formal yang dilakukan orang dalam sebuah forum untuk menginterpretasikan keinginan orang pertama. Presentasi biasa dilakukan pada sebuah forum yang formal maupun non formal. Presentasi sendiri lebih mengedepankan pada apa yang dimiliki dan keinginan presenter kepada pendengar agar pendengar tahu dan memberikan efek kepada presenter.

Beberapa hal yang menjadi komponen presentasi adalah:
1. Internal pribadi presenter.
2. Bahan presentasi
3. Media presentasi
4. Audience (pendengar)
5. Lingkungan
Dari kelima komponen tersebut di atas tentu bias mendukung terjadinya komunikasi yang efektif pada sebuah presentasi. Hal-hal yang mendukung suksesnya presentasi adalah:
1. Kesiapan mental presenter
Sebelum mengadakan presentasi presenter harus siap dari segi mental. Nervous adalah hal yang biasa dirasakan seorang presenter sebelum maupun pada saat presentasi. Garuk-garuk anggota badan, menggerak-gerakkan anggota badan, suara yang terputus-putus, menunjukkan tingkah yang aneh saat di depan forum merupakan dampak gerogi yang ditampakkan seorang presenter ketika didepan forum. Hal seperti itu sebisa mungkin dihindari karena bias mengurangi nilai dari sebuah presentasi yang notabennya adalah penyampaikan informasi kepada pendengar.
Sebisa mungkin presenter bias mengkondisikan diri sendiri sebelum bahkan saat presentasi. Salah satu hal yang bias dilakukan sebelum presentasi agar tidak gerogi adalah mengatur nafas sebaik mungkin. Atau hal yang sangat jelas harus dilakukan adalah memperbanyak presentasi atau berbicara didepan orang banyak, lama-kelamaan orang akan merasa terbiasa dan tidak canggung lagi ketika berbicara di depan umum.
2. Penguasaan materi
Penyiapan materi tidak kalah pentingnya dengan yang lainnya. Ibarat sebuah senjata materi merupakan peluru yang akan ditembakkan. Sehingga inilah sebenarnya muatan yang akan diberikan kepada pendengan agar pendengar mengerti akan apa yang kita inginkan. Dalam ilmu komunikasi materi harus disampaikan secara holistic dan tidak sebagian karena hal tersebut akan mengurangi esensi atau maksud dari apa yang sebenarnya ingin disampaikan oleh presenter.
3. Media presentasi (Projector, board, computer, laptop, pointer, dll)
Dalam era modern ini media presentasi sudah mengalami kemajuan yang sangat pesat. Software sangat membantu memperlihatkan data atau materi dalam jalannya presentasi. Adanya OHP, Projector, laptor, computer, board dan alat-alat elektronik penunjang lainnya agar presentasi bias lebih menarik.
4. Kondisi Audience (pendengar)
Dalam berjalannya persentasi presenter tidak hanya “nerocos” atau ngomong terus tanpa pemperhatikan pendengar didepannya. Untuk mengkondisikan forum khususnya pendengar tidak ada salahnya jika seorang presenter mempunyai trik untuk mengkondisikan forum.
Interaksi kepada forum pun jangan dilupakan agar komunikasi yang dinamis dapat terjalin pada forum presentasi tersebut. Sehingga pendengar tidak merasa bosan dengan forum yang dikarenakan presenter terlalu monoton saat menyampaikan. Forum yang tidak bias dikondisikan berakibat pada porsi materi yang diterima pendengar atau dengan kata lain mengerti-tidaknya.
5. Kondisi lingkungan / forum presentasi
Jika perlu untuk kenyamanan suatu presentasi presenter perlu mensetting suasana forum sebelum presentasi dimulai. Sebuah contoh ruangan yang terlalu dingin karena AC mengakibatkan pendengar mengantuk karena kedinginan. Sebaliknya suhu yang terlalu panas akan berakibat pendengar cenderung sibuk mengipas-ngipas dan akhirnya mereka tidak memperhatikan presenter. Hal lain yang bias dilakukan adalah menseting posisi duduk audience. Posisi leter L,U,melingkar dll bias dipikirkan sebelum diadakannya presentasi.
Secara hemat beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam sebuah presentasi adalah:
1. Energi dan penuh semangat
2. Kontak mata dengan audiens
3. Berbicara dengan jelas dan cukup keras
4. Menggunakan anekdot dan humor yang sesuai
5. Mengenakan pakaian yang serasi
6. Argumen-argumen terstruktur dengan baik
7. Slide dapat dibaca
8. Selesai tepat waktu dan sediakan waktu untuk Tanya jawab.

Cara Memasukkan Alamat Blog Ke Google

1. Buka google.com lalu pada halaman pertama klik serba-serbi google.

2. Setelah masuk klik kirim konten ke google.

3. Klik add your URL.

4. Setelah itu masukkan URL temen-temen, komentar untuk URL dan huruf gelombang, selanjutnya klik tambahkan URL.

5. insyaAllah alamat blog temen-temen sudah masuk ke SE google. Namun ini tidak menjadi jaminan bahwa blog temen-temen pasti muncul di SE tinggal seberapa berkualitas blog temen-temen dimata google. Caranya ya… up date terus tulisannya.