Indonesia Belum Siap Menghadapi Perdagangan Bebas

Perdagangan bebas ASEAN dengan Cina (ACFTA) merupakan isu yang mengalir ditengah-tengah isu bank Century. Perdagangan bebas dengan Cina yang seharusnya sudah mulai pada 1 januari 2010 ini menuai banyak protes terutama dari para pengusaha dalam negeri. Kebijakan ini tentunya akan mematikan produk local jika produk dalam negeri tidak bisa besaing dimata Cina atau pun Asean.

Kita kenal bahwa Cina merupakan Negara yang maju dibidang perindustrian manufakturnya. Bahkan krisis Amerika yang terjadi pada tahun 2009 kemarin merupakan ada campur tangan Cina yang melemahkan sector produksi Amerika. Negeri tirai bamboo ini unggul dalam produk yang serba murah. Dari dulu memang ada beberapa produk Cina yang menjadi barang favorit orang Indonesia seperti sepeda jengki, mesin jahit merek butterfly, jarum jahit, dan lain sebagainya.

Ketakutan pengusaha Indonesia jika gerbang perdagangan bebas benar-benar terbuka oleh bangsa Cina adalah industry tanah air akan mati karena orang-orang lebih memiih produk Cina yang terkenal murah meriah. Terbukanya jalur pasar bebas berarti tidak adanya pajak bea dan cukai sehingga produk Cina bebas sebesar-besarnya masuk ke Indonesia. Dan hal ini juga mengurangi pendapatan Negara dari sector pajak.

Pemerintah perlu berfikir ulang untuk kebijakan ini. Jangan sampai rakyat Indonesia menjadi bergantung dengan produk asing lalu prduk dalam negeri dikesampingkan. Selogan “Cinta produk Indonesia” perlu di populerkan lagi agar masyarakat sadar dan bangga dengan produk buatan negeri sendiri.

Tentu saja perlu adanya persiapan dari pengusaha Indonesia yang didukung oleh pemerintah dari sector infrastruktur penunjang perindustrian tanah air sebelum produk dalam negeri benar-benar dapat bersaing dengan produk asing. ketidaksiapan pengusaha yang terus dipaksa untuk masuk ke dalam perdagangan bebas akan berdampak tidak baik bagi perekonomian Negara. Tidak sedikit sector usaha yang mati karenanya.

9 tanggapan untuk “Indonesia Belum Siap Menghadapi Perdagangan Bebas”

  1. 。ロリークリーフはヤ
    ンキーのための
    明確な裏庭を示すハード石ダイヤルを介して2つのいくつかの時計の見
    事なセットを示
    し西部。あなたが真剣に、非常に活気のあ
    る色素を持ってい
    るハロウィーンの
    衣装を含めた場合、徹底的に、手間が存在するだ
    けでどこ、解決
    策はいくつかの事実のようにロ
    ープロファイルは、実際schokohrrutigeを着なければなけれ
    ばならない、あなたが実際に表示させるための最善の方法は、ありますパンツ
    や多分ブラウス

  2. 春の大掃除は内私アパートメントとしてに、誕生日プレゼント。製品スタイル、デザインさらににその価格範囲ものをそれは異なる。あなたできるようになる現在選択このプレトリアン Tilt2牛の股関節レイヴンズクロフト クリスタル$19 をスリップします。頭とクロスボーンに表示するに t シャツから、ジュエリー、バッグボディー アート。 –
    スマークバイマークジェイコブス

  3. This will save you house when touring and keeps you arranged.
    A card that declares the item’s authenticity is no more time the key standard. Very likely, you are pondering now of what are oilcloth bags?? Lots of wholesale purse suppliers can be effortlessly uncovered in the consolation of your property.

  4. I like the valuable info you provide in your articles.
    I’ll bookmark your weblog and check again here regularly. I’m quite certain I
    will learn lots of new stuff right here! Good luck for the next!

Tinggalkan komentar